Senin, 21 Januari 2008

MANFAATKAN KESEMPATAN


Ada pepatah mengatakan “kesempatan tak datang dua kali”. Setiap orang pasti selalu menginginkan kesempatan yang baik datang padanya. Namun tak setiap orang mengetahui kapan waktu kesempatan itu datang padanya karena tak seorang pun mengetahui kapan kesempatan itu datang. Bagi orang yang cerdas, dia dapat memanfaatkan setiap kesempatan yang dia peroleh bahkan kalaupun kesempatan itu belum datang padanya maka dia menciptakan kesempatan tersebut. Di sekeliling kita sering kita jumpai berbagai macam orang yang mungkin kurang bisa memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Walaupun sebenarnya orang tersebut memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kesempatan yang datang padanya.

Mari kita lihat kuadran di bawah ini yang menunjukan hubungan antara kemauan dan kemampuan dalam memanfaatkan kesempatan.

  1. Mampu dan Mau = Pinter

Kamu punya kemampuan untuk ngambil kesempatan dan punya kemauan juga. Kalau kamu masuk ke kategori pinter maka kesempatan nggak pernah kamu lewatin, kamu juga selalu ngasah kemauan. Bekal kemampuan dan kemauan yang kamu miliki kalau kamu pertahankan bisa membawa kamu menuju kesuksesan.

  1. Mampu tapi Nggak mau = Malas

Kamu termasuk orang yang harus didorong-dorong untuk mau. Kamu punya kemampuan, tapi nggak mau mengambil kesempatan. Kalau kamu termasuk tipe ini, maka kesempatan sering lewat, dan kalau ada temen kamu yang ngambil kesempatan itu, paling kamu bilang “ah, saya juga bisa, Cuma nggak sempat aja”. Ayo ! jangan komentar doang dong, ambil tuh kesempatan.

  1. Nggak mampu tapi mau = Tak tahu diri

Orang yang menggebu-gebu walaupun kemampuan nggak ada. Kalau kamu termasuk tipe kayak gini, biasanya nafsu gede, tenaga kurang; kadang-kadang malah bisa ngilangin kesempatan buat orang lain. Hati-hati, kamu mesti tahu diri untuk bersabar dikit, menambah bekal kemampuan sebelum kamu benar-benar mengambil kesempatan tersebut, yang jelas kamu harus banyak melatih kemampuan untuk mengimbangi kemauan kamu.

  1. Nggak mampu dan Nggak mau = Culun

Orang yang nggak butuh tantangan, udah nggak mampu, ditambah nggak mau lagi. Kalau kamu masuk tipe ini, maka selain butuh latihan, kamu juga butuh dorongan (jadi kamu harus latihan didorong).


Nah, sekarang coba pikirin di mana posisi kamu sekarang ? tapi jangan khawatir, dimana pun posisi kamu sekarang, sama sekali bukan posisi yang negatif atau positif, melainkan jadi tempat dari mana kamu melangkah.

Tidak ada komentar: