Senin, 21 Januari 2008

HIDUP ADALAH PROSES PEMBELAJARAN


HIDUP ADALAH PROSES PEMBELAJARAN


Hidup ini adalah proses pembelajaran seperti halnya belajar di sekolah. Hidup ini adalah sekolah besar bagi orang-orang yang berpikir. Jangan pernah kita merasa bahwa jika tidak sekolah diri kita akan menjadi bodoh dan terbelakang. Justru dengan kita tidak bersekolah kita diajarkan sesuatu yang lebih besar yang tidak diajarkan di sekolah manapun, yaitu belajar tentang kehidupan ini. Alam ini adalah gurunya dan diri kita adalah muridnya. Bagaimanapun juga jangan pernah merasa rendah diri jika tak mengenyam pendidikan formal karena pendidikan formal ataupun non formal hanyalah sebuah istilah atau sebutan. Dimanapun kita berada kita dapat belajar, kita dapat belajar selama diri kita masih memiliki keyakinan dan kemauan serta semangat kuat untuk belajar. Belajar itu tidak terbatas hanya dengan bersekolah, mari kita buktikan berapa banyak orang yang sukses dan namanya harum di dunia ini karena mereka mampu belajar dari apa yang ada disekeliling mereka. Dan rata-rata mereka tidak mengenyam pendidikan formal yang layak bahkan ada yang tidak pernah mengenyam pendidikan.

Albert Einsten seseorang yang tak pernah lulus sekolah menjadi seorang ilmuwan yang menemukan teori relativitas, Thomas Alfa Edison yang menemukan bola lampu, seseorang yang tak pernah menyerah dalam berusaha, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Tapi perlu kita ingat bahwa yang namanya belajar pasti akan menemukan yang disebut kesalahan dan hal itu adalah wajar. Jadi jangan pernah takut salah jika kita sedang belajar justru jika kita tak pernah salah tidak belajar namanya. Proses adalah perjalanan menuju tujuan yang dikehendaki dan harus melalui berbagai macam rintangan ataupun tantangan. Bagaimanapun proses belajar itu harus dijalani agar kita menjadi tahu, kita harus menjadi tahu dengan belajar jika tidak, sia-sia belajar kita. Belajar adalah sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu dan hal ini perlu kita kaji bersama dan renungkan. Hasil dari belajar adalah menjadi tahu dan menjadi tahu itu sendiri apakah akan bermanfaat atau tidak tergantung dari apa yang dipelajari selama menempuh proses belajar. Apakah bermanfaat atau tidak dipengaruhi apa yang kita pelajari dan apakah dapat berguna bagi diri sendiri ataupun orang lain. Yang terpenting adalah selama proses belajar kita memiliki semangat untuk memperbaiki diri jika dengan belajar kita dapat berubah menjadi lebih baik maka belajar kita tidak sia-sia.

Ok, belajarlah terus jangan pernah berhenti karena jika berhenti maka kita hanya menjadi manusia yang tak tahu apa-apa.

Tidak ada komentar: