Senin, 21 Januari 2008

HIDUP ADALAH PERJUANGAN


HIDUP ADALAH PERJUANGAN


Hidup ini adalah sebuah perjuangan, begitulah sebuah pepatah mengatakan dan jika kita kaji kembali memang tak dapat disangkal. Hidup kita sudah tak terhitung berapa detik telah terlewati dan apakah setiap detik itu dilalui dengan perjuangan di jalan Allah SWT?

Marilah kita renungkan kembali hidup kita ini, apakah kita telah benar-benar berjuang karena Allah ataukah karena hal yang lain. Memang tak dapat dipungkiri banyak sekali manusia berjuang dalam kehidupan ini. Tapi apakah telah kita sadari semua bahwa apa yang diperjuangkan dalam hidup ini hanyalah demi hal-hal yang sifatnya sementara. Dan sebatas perjuangan lahiriah keduniawian. Kita belum dapat lepas memikirkan hal-hal duniawi kecuali bagi orang-orang yang berpikir. Semua orang di dunia ini perlu berjuang untuk hidup mereka. Tapi yang harus dipahami adalah apakah perjuangan itu akan membawa diri kita pada sebuah kemenangan yang abadi, yang akan membawa manfaat bagi diri kita dan orang lain. Banyak hal yang akan didapatkan jika diri kita berjuang di jalan Allah SWT, sesuatu yang tak pernah kita duga sebelumnya dapat terjadi jika kita benar-benar yakin akan pertolongan-Nya. Tentunya kita berjuang tidak hanya dengan tangan hampa, kita harus memiliki sebuah senjata sebagai penunjang. Yang akan membantu apa yang diperjuangkan serta sarana agar apa yang diperjuangkan dapat tercapai. Selain itu kita harus memiliki bekal untuk berjuang. Percuma saja jika kita berjuang tanpa memiliki persiapan yang matang, jika tidak perjuangan kita hanya menjauhkan diri kita pada kemenangan. Tapi tahukah perjuangan apa yang tersulit dalam hidup kita?

Rasulullah pernah bersabda bahwa perjuangan yang paling besar dalam hidup kita adalah memerangi diri sendiri. Maksudnya dalah berjuang melawan hawa nafsu diri sendiri. Jika kita bisa melawan hawa nafsu kita maka kita telah mendapat kemenangan besar dalam hidup ini.

Tidak ada komentar: