Senin, 21 Januari 2008

Strategi mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat dan lebih mudah


Strategi mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat dan lebih mudah


  1. Latihan tindakan 1 (mimpikan impian besar)

Buatlah daftar segala hal yang akan Anda lakukan atau usahakan jika Anda mutlak dijamin sukses. Kemudian tentukan satu tindakan dan lakukanlah segera.

  1. Latihan tindakan 2 (kembangkanlah arah yang jelas)

Selalu berpikirlah di atas kertas. Duduk dan mulailah menuliskan tujuan-tujuan Anda dan ciptakanlah rencana untuk mencapainya.

    1. Pertama, tentukan secara tepat apa yang Anda inginkan dalam setiap wilayah kehidupan anda, terutama dalam kehidupan finansial anda.

    2. Kedua ,tuliskan tujuan anda dengan jelas dan spesifik.

    3. Ketiga, tetapkanlah batas waktu untuk setiap tujuan. Tetapkanlah sub batas waktu bila tujuannya cukup besar. Berikan target kepada diri anda sendiri untuk mencapainya.

    4. Keempat, buatlah daftar segala hal yang dapat anda pikirkan, yang harus anda kerjakan untuk mencapai setiap tujuan. Ketika terpikir ide baru, tambahkanlah pada daftar anda hingga lengkap.

    5. Kelima, jabarkanlah daftar anda menjadi rencana tindakan. Tetapkanlah apa yang akan anda kerjakan lebih dulu dan apa yang akan dikerjakan kemudian. Tentukan apa yang lebih penting dan apa yang kurang penting.

    6. Keenam, ambillah tindakan atas rencana anda dengan segera.

    7. Ketujuh, dan mungkin yang terpenting, lakukanlah sesuatu setiap hari untuk menggerakan anda paling sedikit satu langkah lebih dekat kepada tujuan anda yang terpenting.

  1. Latihan tindakan 3 (lihatlah diri sendiri sebagai orang yang bekerja sendiri)

Identifikasikanlah alasan-alasan favorit anda untuk tidak memiliki komitmen sepenuh hati atas tujuan finansial anda. Adakah seseorang atau sesuatu dalam hidup anda yang anda salahkan sehingga anda tidak maju ? Apapun kemungkinannya, terimalah tanggung jawab penuh atas hidup anda dan ambilah tindakan hari ini !

  1. Latihan tindakan 4 (lakukan apa yang anda sukai)

Identifikasikanlah tipe pekerjaan yang sangat anda nikmati. Kegiatan-kegiatan apa yang paling berperan dalam keberhasilan anda hingga hari ini ? Kalau anda dapat mengerjakan pekerjaan apa saja dengan penuh keberhasilan, apa yang akan anda pilih ? Tetapkanlah ini sebagai tujuan, buatlah rencana dan mulailah bergerak kearah itu hari ini.

  1. Latihan tindakan 5 (milikilah komitmen pada keunggulan)

Identifikasikanlah kunci wilayah-wilayah keberhasilan dalam pekerjaan anda sekarang. Bagian-bagian mana dari pekerjaan anda yang mutlak, secara positif harus dilakukan dengan sangat baik untuk mencapai puncak bidang anda ?

Dimana kekuatan anda dan dimana kelemahan anda ?

Buatlah rencana hari ini untuk menjadi lebih baik dalam satu wilayah keahlian di mana perbaikan yang dilakukan akan sangat membantu anda.

  1. Latihan tindakan 6 (bekerja lebih lama dan lebih keras)

Buatlah rencana hari ini untuk meningkatkan jumlah jam kerja anda setiap hari. Putuskanlah untuk masuk kantor satu jam lebih awal dan dapatkan keuntungan dengan mulai lebih awal pada hari itu. Bekerjalah pada jam makan siang ketika yang lain pergi. Tinggallah satu jam lebih lama untuk menuntaskan. Strategi ini saja akan melipatgandakan hasil kerja anda dengan hanya menambah dua jam pada hari anda.

  1. Latihan tindakan 7 (dedikasikanlah diri anda pada pembelajaran seumur hidup)

Pilihlah sebuah topik yang benar-benar dapat membantu anda untuk menjadi lebih produktif dan efektif di bidang anda. Tetapkanlah tujuan untuk menguasai topik ini. Buatlah ini sebagai proyek pribadi. Kemudian, bacalah topik ini setiap hari. Dengarkanlah kaset mengenai topik itu. Ikutlah kursus-kursus mengenai topik itu. Kerjakanlah proyek ini seolah-olah masa depan anda bergantung padanya, karena memang begitu !

  1. Latihan tindakan 8 (bayarlah diri anda sendiri lebih dulu)

Bukalah rekening khusus untuk akumulasi finansial hari ini. Masukan setoran awal ke dalam rekening ini, berapapun kecilnya. Kemudian, carilah setiap kesempatan untuk menambah rekening ini. Mulailah belajar mengenai uang sehingga anda mengerti bagaimana menumbuhkannya. Bacalah buku dan majalah yang membahas topik itu. Jangan pernah berhenti menambung, belajar, dan bertumbuh hingga anda bebas secara finansial.

  1. Latihan tindakan 9 (pelajarilah setiap detail bisnis anda)

Identifikasikanlah kecenderungan dalam bisnis anda. Apa keahlian utama atau ketrampilan kunci yang anda butuhkan untuk memimpin bidang anda di masa depan ? Buatlah rencana hari ini untuk mengembangkan keahlian itu dan kemudian kerjakanlah setiap hari.

  1. Latihan tindakan 10 (dedikasikanlah diri anda untuk melayani sesama)

Identifikasikanlah pelanggan-pelanggan terpenting anda, di dalam dan di luar perusahaan. Siapakah orang-orang yang padanya anda paling tergantung ?

Siapakah orang-orang yang paling tergantung pada anda ?

Apa yang dapat anda lakukan, mulai hari ini, untuk lebih memperhatikan mereka?

  1. Latihan tindakan 11 (jujurlah terhadap diri sendiri dan orang lain)

Hampir setiap masalah dalam hidup anda dapat diselesaikan dengan kembali kepada nilai-nilai anda. Apakah itu ?

Apa yang anda percayai dan yakini ? Bila anda mengalami tekanan apa pun, biasanya berarti anda sedang mengkompromikan salah sati nilai-nilai anda. Apa pun bentuknya, selseaikanlah saat ini juga sesuai dengan apa yang anda percaya sebagai hal yang sangat penting dalam hidup anda.

  1. Latihan tindakan 12 (tentukanlah prioritas tertinggi dan berkonsentrasilah padanya)

Identifikasikanlah hal terpenting yang dapat anda kerjakan saatini untuk mencapai tujuan anda yang terpenting dan kemudian disiplinkan diri anda sendiri untuk mengerjakannya, dan hanya itu, hingga selesai 100 persen. Kemampuan anda untuk melakukan ini, dan ini saja, dapat mengubah seluruh hidup anda.

  1. Latihan tindakan 13 (kembangkan lah reputasi untuk keceptan dan dapat diandalkan)

Pilihlah satu saja tugas kunci yang telah anda tunda untuk memulai atau menyelesaikannya, dan putuskanlah untuk mengambil tindakan terhadapnya segera. Ulangilah kata-kata motivasi ajaib ini : “Kerjakanlah sekarang! Kerjakanlah sekarang! Kerjakanlah sekarang!”

  1. Latihan tindakan 14 (bersiaplah untuk mendaki dari puncak ke puncak)

Identifikasikanlah siklus dan kecenderungan kunci dalam bisnis anda. Ke mana pasar bergerak ? Apa yang berubah dan bagaimana anda harus beradaptasi terhadap perubahan-perubahan ini ? Langkah-langkah apa yang harus anda ambil hari ini untuk mengambil keuntungan dari duani baru esok ? Apapun jawaban anda, melangkahlah sekarang !



  1. Latihan tidakan 15 (praktekanlah disiplin dalam segala hal)

Ubahlah satu hal pada satu saat. Identifikasikanlah satu wilayah dalam hidup anda dimana kekurang-disiplinan mempengaruhi kesuksesan anda. Putuskanlah hari ini untuk mengembangkan disiplin dalam wilayah itu. Mulailah dengan kuat. Beritahukanlah kepada orang lain tentang keputusan anda. Jangan pernah biarkan adanya perkecualian hingga kebiasaan baru tertanam dengan kuat. Keputusan ini saja dapat mengubah hidup anda.

  1. Latihan tindakan 16 (bukalah kunci kretivitas bawaan anda)

Tuliskanlah masalah anda yang paling menekan atau tujuan yang paling anda inginkan. Kemudian, bayangkan bahwa masalah ini terpecahkan dengan sempurna atau tujuan initercapai secara ideal. Seperti apakah solusi atau pencapaiannya ? Apa yang dapat anda lakukan segera untuk memperoleh hasil ini? Ingatlah, tindakan adalah segala-galanya !

  1. Latihan tindakan 17 (bergaulah dengan orang-orang yang tepat)

Identifikasikanlah orang-orang terpenting dalam hidup anda, masa kini maupun masa yang akan datang. Apa yang dapat anda lakukan untuk membantu mereka dalam kehidupan dan pekerjaan mereka sehingga mereka akan terbuka untuk membantu anda ? Identifikasikanlah orang-orang yang harus anda kenal. Apa yang dapat anda lakukan untuk membantu mereka sebelum anda membutuhkan sesuatu? Ingatlah, pertama-tama anda menabur, baru kemudian anda menuai.

  1. Latihan tindakan 18 (jagalah kesehatan jasmani anda)

Identifikasikanlah satu kebiasaan yang perlu anda kembangkan untuk menikmati tingkat kesehatan dan energi yang lebih tinggi. Mungkin dengan menghilangkan makanan pencuci mulut sama sekali. Kemudian, tetapkanlah ini sebagai tantangan pribadi dan putuskanlah untuk mendisiplinkan diri anda sampai kebiasaan kesehatan anda yang baru tertananam dengan kuat.

  1. Latihan tindakan 19 (jadilah orang-orang yang berani mengambil keputusan dan berorientasi pada tindakan)

Bertanyalah kepada diri anda sendiri, satu tindakan apa yang, jika aku lakukan segera, akan memberikan dampak positif terbesar pada hasil yang kucapai? Apapun jawaban anda terhadap pertanyaan itu, lakukanlah!

  1. Latihan tindakan 20 (jangan biarkan kegagalan menjadi pilihan)

Identifikasikanlah ketakutan utama anda dalam hidup dan putuskanlah untuk bertindak seolah-olah ketakutan itu tidak ada. Bayangkan bahwa anda dijamin sukses kalau anda melakukan tindakan yag mengarah kepada tujuan dan impian anda. Kemudian, lakukanlah!

  1. Latihan tindakan 21 (luluslah dalam ujian kegigihan)

Apakah situasi tersulit yang anda hadapi saat ini? Apa pun itu, bayangkanlah bahwa itu dikirimkan kepada anda saaty ini untuk memberi pelajaran berharga bagi anda, yang akan anda butuhkan untuk menjadi lebuh sukses di masa yang akan datang. Pelajaran apakah itu ? mulai saat ini dan selanjutnya, selalu carilah pelajaran berharga dalam setiap kemunduran atau kesulitan. Anda akan selalu menemukanya, dan itu akan membantu anda dalam usaha anda untuk menjadi seorang jutawan.



Ditulis oleh Sri Hendana

Tidak ada komentar: