Senin, 21 Januari 2008

Menjadi efektif dengan SMART


Menjadi efektif dengan SMART


Efektif selalu diidentikan dengan sesuatu hal yang tepat. Semua orang pada dasarnya bisa menjadi efektif dalam segala hal jika mereka mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tujuannya. Hal ini memerlukan rumusan yang tepat agar menjadi sesuatu yang tepat pula serta bermanfaat.

Semua orang ingin efektif namun terkadang terjebak pada sudut pandang yang sempit bahwa efektif adalah membuat jalan pintas. Dan hal ini banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam tulisan ini, saya coba menawarkan beberapa rumusan yang sudah teruji dalam kehidupan dan sudah dibuktikan oleh orang-orang sukses. Lagi-lagi anda jangan sampai terjebak dengan kata sukses, sukses yang saya maksud adalah sukses dalam segala hal walaupun kecil.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan kata SMART yang dalam terjemahan bahasa Indonesia memiliki arti pintar, pandai dan cerdas.

SMART disini yang saya maksud adalah Spesific (jelas), Measurable (terukur), Achievable (dapat dicapai), Reality based (berdasar kenyataan) & Time based (berbatas waktu).

Dalam menginginkan sesuatu terkadang kita hanya sebatas berkhayal tanpa mampu mewujudkannya. Dan kita selalu berdalih, kita nggak mampu, nggak bakat, nggak terampil, nggak pintar atau dalih-dalih yang lain. Sebenarnya kita semua dapat mewujudkan apa yang diinginkan apapun itu asal kita memiliki rumusan untuk mewujudkannya. Semua hal bisa terjadi jika kita benar-benar menginginkan hal tersebut terjadi. Semua tergantung kita sendiri yang menginginkan.

Mari kita kaji SMART yang ditawarkan sebagai rumusan untuk menjadi efektif. SMART sebuah formula untuk mewujudkan impian yang efektif

S

pesific (jelas)

Dalam menginginkan sesuatu, kita harus memiliki kejelasan akan sesuatu tersebut sehingga kita lebih mudah dalam pencapaiannya. Sebagai contoh, kita semua pasti menginginkan untuk menjadi orang yang sukses, nah sukses disini masih belum jelas sukses dalam hal apa. Misalkan kita sebagai pelajar, kita ingin sukses dalam hal ujian, berarti kita harus menjelaskan kita sukses ujian Akhir dengan hasil yang memuaskan. Kita membayangkan kesuksesan ujian akhir tersebut dengan nilai tertinggi dari teman-teman kita. Dan kita sangat bahagia dan bangga dengan kesuksesan tersebut.


Measurable (terukur)

Jelas sekali sebuah kesuksesan pasti ada ukurannya, jika tidak ada ukurannya maka hal tersebut belum bisa dikatakan sukses. Kita ambil contoh kita sukses dalah hal ujian akhir dan ukuran kita sukses dalam ujian akhir itu adalah mendapat nilai tertinggi misalkan mendapat nilai 100 dari akumulasi semua mata pelajaran yang diujikan. Dengan adanya ukuran, kita semua bisa menentukan seberapa sukses yang telah kita dapati.

A

chievable (dapat dicapai)

Semua impian yang efektif pasti dapat dicapai apapun tantangannya. Karena memang dirasa dapat dicapai. Sebagai contohnya, ujian akhir tersebut kita menginginkan kesuksesan mendapat nilai 100. Kira-kira hal ini bisa kita capai atau tidak, tentunya kita harus mempersiapkan diri dengan mengukur diri, apakah nilai 100 tersebut dapat kita capai. Jika kita rajin belajar dan selalu memperhatikan setiap pelajaran yang diajarkan oleh guru, sudah tentu nilai 100 dalam ujian akhir pasti bisa kita capai dan ini semua tergantung dari semua usaha kita mendapat nilai 100 tersebut, tentunya dengan cara yang positif dan tidak mencontek.


Reality based (berdasar kenyataan)

Semua hal yang kita impikan harus disesuaikan dengan kenyataan yang ada jangan sampai mengawang-awang. Misalkan kita inginkan nilai 100 dalam ujian akhir namun jika kita tidak belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh setiap harinya, sepertinya mendapat nilai 100 adalah hal yag mustahil kecuali jika anda mencontek. Tapi jika anda setiap harinya selalu belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh maka dapat dipastikan bahwa mendapat nilai 100 dapat menjadi kenyataan karena setiap harinya anda belajar sungguh-sungguh.

T

ime based (berbatas waktu)

Segala sesuatu jika tidak ada batas waktunya maka kita tidak tahu kapa kita bisa memperolehnya. Impian yang efektif selalu mempunyai batas waktu pencapaiannya. Contoh, batas waktu memperoleh nilai 100 adalah pada saat ujian akhir.

Kesemua formula tersebut jika kita aplikasikan dalam segala hal pasti akan membawa kita pada perubahan efektif. Mewujudkan semua mimpi dan harapan dengan efektif karena memiliki pondasi yang kuat. Nah, terserah kepada anda semua apakah akan menjadi efektif dalam mewujudkan semua keinginan anda atau hanya sebatas mimpi belaka. Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar: