Senin, 21 Januari 2008

Berani Mencoba



Berani Mencoba


Setiap hari diri kita dihadapkan pada ketakutan-ketakutan yang terselubung. Selalu saja ada halangan untuk bergerak jika ingin keluar dari zona nyaman kita semua. Setiap saat dan setiap detik kita lebih memilih untuk merasa nyaman daripada tidak nyaman.

Terkadang ketika kita ingin memilih sesuatu hal yang baru, yang merupakan wilayah di luar zona kenyamanan kita, selalu saja berbenturan oleh ketakutan-ketakutan yang tercipta karena persepsi kita terhadap sesuatu. Yang pada dasarnya semua hal yang membayangi pikiran kita belum tentu kebenarannya.

Coba bayangkan dimana ketika anda berada pada situasi yang mengharuskan anda menempuh sebuah ujian padahal saat itu kondisi anda tidak siap untuk menghadapi ujian tersebut. Apa yang akan anda lakukan ? semua yang anda lakukan pasti 99 % tidak ingin menghadapi ujian tersebut atau dengan kata lain anda akan mundur untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Padahal jika anda mencoba belum tentu anda tidak bisa, semua gambaran yang tercipta sebelum anda mencoba ujian tersebut adalah gambaran negatif bahwa ‘saya akan gagal, saya tidak bisa, saya tidak mampu’ dan lain sebagainya sebagai alasan yang membenarkan anda mundur.

Tapi bagaimana anda bisa mengetahui itu semua jika anda belum mencobanya. Semua gambaran-gambaran negatif yang muncul hanya membatasi pikiran kita dalam melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa kita lakukan.

Lakukanlah dan anda akan mengetahui hasilnya. Itulah sebuah prinsip jika anda ingin keluar dari zona nyaman anda. Hapuskan kata ‘gagal’ dalam kamus hidup anda dan tambahkah kata ‘hasil’ karena segala sesuatu yang kita lakukan walaupun belum sesuai tidak bisa kita sebut gagal melainkan hasilnya belum sesuai apa yang kita harapkan.

Gagal itu merupakan ketakutan kita, karena ketakutan itu sendiri tercipta karena persepsi kita bukan karena kita mencobanya. Yang namanya gagal, karena anda tidak berani mencoba kembali. Karena kegagalan itu berbanding lurus dengan keberhasilan, keberhasilan sama dengan keberanian menghadapi ketakutan-ketakutan yang kita ciptakan sendiri. Orang yang tidak berani mencoba memiliki kecenderungan untuk gagal ketimbang orang yang berani mencoba. Oleh karena anda harus memiliki kecenderungan berani mencoba karena sekali diri anda sudah berani mencoba maka semua batasan-batasan yang anda buat sendiri dalam pikiran anda akan terbuka dan anda akan memperluas zona kenyamanan anda.

Setiap orang memiliki keberanian untuk mencoba namun hal ini terkungkung oleh paradigma yang ada disekitar kita semua. Sehingga mengkerdilkan keberanian kita untuk mencoba. Coba tanamkan kata kata ini saat anda ragu untuk berani mencoba “ sekarang atau tidak sama sekali” . Anda harus memaksakan diri anda untuk selalu mencoba hal hal yang sebenarnya positif dan bisa ada lakukan. Jangan terjebak oleh batasan-batasan yang tercipta oleh anda sendiri dalam pikiran anda. Beranikanlah diri anda, jangan takut gagal, anda adalah lebih dari apa yang anda pikirkan. Teroboslah batasan tersebut dan raihlah hasil yang anda inginkan. Anda harus berani mencoba.


Tidak ada komentar: