Kamis, 17 Juni 2010

Menyaring Gossip

Di zaman Yunani kuno, sokrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebiujaksanaanya yang tinggi.

Suatu hari, seoarang pria berjumpa dengan sokrates dan berkata, "Tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman Anda?"

"Tunggu sebentar,"jawab sokrates. "Sebelum Anda memberitahukan sesuatu, saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut dinamakan ujian saringan Tiga kali."

"Saringan tiga kali?" tanya pria tersebut. "betul," lanjut Sokrates.

"Sebelum Anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin ide yang bags menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Itulah kenapa saya sebut ujian saringan tiga kali.

Saringan pertama adalah KEBENARAN. "Sudah yakinkah Anda bahwa apa yang akan Anda katakan kepada saya memang benar?"

"Tidak," kata pria tersebut. "Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada Anda." "Baiklah," kata Sokrates. "Jadi, Anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak."

Sekarang mari kita coba saringan kedua, yaitu KEBAIKAN. "Apakah yang akan Anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik?"

"Tidak, sebaliknya, mengenai hal yang buruk."

"jadi,"lanjut Sokrates, Anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi Anda tidak yakin bahwa itu benar."

Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu KEGUNAAN.
"Apakah apa yang ingin Anda beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna untuk saya?"

"Tidak, sungguh tidak," jawab pria tersebut.

"Kalau begitu," simpul sokrates, "jika apa yang ingin Anda beritahukan kepada saya tidak benar, tidak baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa Anda ingin menceritakannya kepada saya?"

Sebuah panah yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak bersalah, dan kata kata yang telah diucapkan yang menyakiti hati seseorang, keduanya tidak pernah bisa ditarik kembali. Jadi sebelum bicara gunakanlah Saringan Tiga Kali.

(Dengan mengikuti disiplin Saringan Tiga Kali, ada banyak sekali gosip[ yang harus terhenti secara mendadak, sebab gosip seperti apakah yang bisa disebut BENAR, BAIK, dan BERGUNA?)

Tidak ada komentar: